Mengapa Buah Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Susu

Siang tadi saya bertandang ke rumah teman. Karena cuaca sangat panas saya berpikir membawakannya sop buah. Kebayang kan segernya.

Saat kami sedang menyantap bersama sop buah tersebut, tiba-tiba aja temen saya nyeletuk kalo dia pernah membaca artikel di suatu majalah yang menyebutkan bahwa buah tidak baik dimakan bersamaan dengan susu seperti yang terdapat di sop buah yang sedang kami makan.

Wah, kalo memang benar begitu saya baru tau nih. Padahal saya sering banget beli sop buah yang didalamnya terdapat campuran susu, sirup gula dan berbagai macam buah-buahan seperti stroberi, apel, buah naga, kolang kaling, kelapa, melon dll.

Lalu saya googling untuk mencari tau lebih banyak. Rupanya larangan tersebut berdasarkan diet dengan mengkombinasikan makanan berdasarkan jenisnya.  Seorang dokter Amerika bernama William Howard Hay menjadi terkenal karena sukses menerapkan prinsip diet ini kepada pasien untuk penyembuhan penyakitnya.

Karena kesuksesannya tersebut prinsip diet Food Combining Dokter Hay banyak dipakai sebagai rujukan oleh praktisi dan ahli gizi, salah satunya oleh Jan Dries, yang banyak menulis buku tentang gizi dan aplikasinya untuk kesehatan. Salah satu bukunya yang saya baca adalah The Complete Book of Food Combining: A New Approach to the Hay Diet and Healthy Eating (1998).

Dalam bukunya, Dries menyebutkan aturan dasar yang harus diikuti untuk mengkombinasikan makanan dalam diet sehari-hari, seperti yang ditunjukkan pada diagram dibawah ini :

Keterangan :

tanda √ : kombinasi baik
tanda – : kombinasi buruk
tanda x : kombinasi bermasalah

Makanan dibagi menjadi 5 kelompok dasar berdasarkan kandungan gizinya, yaitu:

  • Protein : daging, ikan, unggas, susu dan hasil olahannya, kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Lemak : minyak, kuning telur, mentega, krim, alpukat
  • Gula : merupakan karbohidrat sederhana seperti gula pasir, madu, buah-buahan
  • Pati : merupakan karbohidrat komplek seperti sereal, roti, nasi, kentang, pasta, dan sayuran kaya pati
  • Asam : buah-buahan, cuka buah, tomat, yoghurt, butter milk, dan sayuran

Dari diagram di atas bisa dilihat buah-buahan yang banyak mengandung asam tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna.

Hmmm… rupanya itu penyebabnya.

Bahkan setelah saya membaca lebih jauh, saya baru mengerti kalo buah-buahan sebaiknya dikonsumsi sendiri, tidak dicampur dengan makanan lain. Ini karena buah-buahan umumnya bersifat asam (memiliki pH rendah), sehingga bisa menyebabkan fermentasi di dalam lambung.

Contoh buah-buahan yang bersifat asam ini antara lain, stroberi, anggur dan nanas. Buah-buahan ini masih bisa dimakan bersamaan dengan buah-buahan yang bersifat agak asam (sub-acid) seperti apel dan peach, namun tidak boleh dimakan bersamaan dengan buah-buahan yang bersifat manis seperti pisang dan kurma.

Dan saya baru tau jika melon merupakan makanan yang paling cepat diserap oleh tubuh dibandingkan makanan lain. Oleh karenanya jangan makan melon bersamaan dengan makanan lain termasuk buah-buahan lainnya, sebab akan menimbulkan masalah pencernaan.

Sebetulnya masih banyak hal menarik yang terdapat dalam buku Food Combining yang ingin saya bagikan disini. Tapi berhubung sudah waktunya untuk menjemput Hanum di sekolah, saya terpaksa cukupkan sampai disini dulu. Insya Allah saya lanjutkan lagi lain waktu.

Sampai ketemu lagi yaaa 🙂

 

 

31 thoughts on “Mengapa Buah Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Susu

    • mbaratna says:

      @Tama, dari yang saya baca konsep dasar protein shake itu minuman olahraga (sport drink) yang terbuat dari bahan utama bubuk protein dan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan membantu membentuk otot. Penambahan buah-buahan dan bahan lain umumnya untuk meningkatkan cita rasa dan nilai gizinya. Jadi hampir semua buah-buahan bisa dipilih sesuai selera.

  1. haryati says:

    kalau mengikut cara diet pemakanan Rasulullah S.A.W pun, memang sudah ada :

    Jangan makan SUSU bersama DAGING
    Jangan makan DAGING bersama IKAN
    Jangan makan IKAN bersama SUSU
    Jangan makan AYAM bersama SUSU
    Jangan makan IKAN bersama TELUR
    Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
    Jangan makan SUSU bersama CUKA
    Jangan makan BUAH bersama SUSU CTH :- KOKTEL

    JANGAN MAKAN BUAH SETELAH MAKAN NASI , SEBALIKNYA MAKANLAH BUAH TERLEBIH DAHULU, BARU MAKAN NASI.

  2. danil says:

    buakn nya susu yg di pake buat sop buah itu susu kental manis yahh…

    yg dimana susu kental manis itu lebih banyak gula ketimbang susunya….

  3. silvi says:

    subhannalllah infonyaa bermanfaat.. :))
    lanjutkan kembalii
    ijin copas yaa, buat bahan diskusi di kampus, berhubung saya anak kesehatan masyarakat 🙂

  4. rose melani says:

    sbnrnya larangan mkn buah dgn susu adalah larangan dr Rasulullah..smntara sang dokter hanya membuktikan scra ilmiah saja looh..

    • arif says:

      sama neeh, harus stop sementara sup buah, mendingan banyakin buah aja tanpa kombinasi susu.. btw, diagram food combining nya bermanfaat banget, mesti belajar ttg kandungan berbagai jenis makanan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *