Menanam Buah Markisa Di Halaman Rumah

Bulan lalu saat saya kembali dari rumah orang tua saya di Bogor, saya membawa oleh-oleh buah markisa yang dipetik dari halaman rumah.

Ga banyak, cuma tiga biji aja hehehe, soalnya yang sudah matang cuma segitu adanya.

jus markisa

jus markisa

Setelah saya buat menjadi jus, ternyata rasanya lebih segar dan nikmat dibanding sirup markisa botolan yang sering saya beli. Saya jadi ingin menanam juga di halaman rumah. Karena  tumbuh merambat, pastinya tidak akan membutuhkan lahan yang cukup banyak.

Saya googling di beberapa sumber, disebutkan bahwa budidaya markisa cukup mudah, bisa tumbuh pada jenis tanah apapun asalkan cukup kandungan hara dan  bahan organiknya, serta mendapatkan air yang cukup pula.

Pemeliharaannya pun tidak terlalu rumit. Pemupukan secara teratur dengan pupuk urea atau pupuk kandang. Dan saat berbunga atau berbuah memerlukan penyiraman secara rutin setiap hari bila tidak mendapatkan air yang cukup dari alam (hujan).

Dari segi kesehatan, buah markisa banyak sekali khasiatnya antara lain sebagai pereda nyeri, anti radang, anti kejang, penenang dan kolitis. Markisa kaya akan vitamin B dan potassium, tinggi kandungan vitamin c dosis tinggi dan antioksidan.  Selain itu, markisa juga dipercaya berkhasiat untuk detoksifikasi alami dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit wajah.

Saya jadi tidak sabar untuk segera menanam dan menikmati buah markisa dari halaman rumah sendiri.

 

 

 

 

Facebook Comments

2 thoughts on “Menanam Buah Markisa Di Halaman Rumah

Leave a Reply