Dunia Ratna



« | »

Saus Teriyaki Buatan Sendiri

Ceritanya ini lagi kepingin banget makan beef teriyaki yang banyak bawang bombay dan paprikanya. Tapi kebanyakan saus teriyaki yang ada di pasaran mengandung MSG di dalam bahan pembuatnya. Hanum kan alergi MSG jadi ga bisa makan dong nantinya.

Kemudian saya cari-cari di Google bagaimana cara membuat saus teriyaki sendiri. Ada sih beberapa tapi bahannya menggunakan kecap jepang yang saya tau belum ada label halal di kemasannya.

Akhirnya saya coba-coba sendiri, menggabungkan beberapa resep jadi satu dan inilah hasilnya. Saus teriyaki ala mbaratna yang tak kalah sedapnya ;)

Saus Teriyaki
[wbdsbanner id='banner2']
Bahan:

½ cangkir kecap manis
½ cangkir kecap asin
4 sdm gula merah
½ sdm jahe parut
3 siung bawang putih parut
1 cup nenas parut
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm tepung maizena

Cara membuat:

Saus teriyaki ini dapat dipakai untuk merendam daging. Biarkan 15-30 menit hingga bumbu meresap lalu daging ditumis dengan bawang bombay dan paprika.

Daann ini dia hasilnya..tadaaaa :D

Gunakan saus secukupnya dan simpan kelebihannya di dalam lemari pendingin untuk dipakai sewaktu-waktu.

Selamat mencoba :D

Share this:

Posted by on January 10, 2012.

Tags: , ,

Categories: Resep Makanan

24 Responses

  1. [...] bawang bombay, cincang kasar 2 sdm minyak wijen 1 sdm campuran air jeruk lemon dan kecap asin 2 sdm saus teriyaki buatan sendiri Minyak untuk menumis Garam secukupnya Gula pasir secukupnya 1 sdm tepung maizena untuk mengentalkan [...]

    by Sapo Tahu Kailan | Dunia Ratna on Mar 20, 2012 at 10:15 pm

  2. Salam kenal mb Ratna….

    Makasiy utk resep saus teriyakinya….

    Rgds,
    Nieken

    by Nieken on Jul 12, 2012 at 10:52 am

  3. mba, kalo disimpan di kulkas, sausnya tahan berapa lama ya?

    by astri on Oct 18, 2012 at 11:22 am

  4. @Astri, aku pernah simpan sampai 2 bulan masih bisa dipake

    by mbaratna on Oct 18, 2012 at 1:56 pm

  5. mba..salam kenal
    mau nanya klo saos ini bisa lngsung dipake utk cocolan? ato khusus utk olahan spt daging?ayam yg dimasak lg ?
    tq

    by NITA on Oct 20, 2012 at 8:54 am

  6. @Nita, aku belom pernah coba sih dicocol langsung, mungkin bisa juga kalo Nita mau coba-coba, nanti mampir sini lagi kalo udah nyoba yaaa :)

    by mbaratna on Oct 23, 2012 at 10:04 am

  7. untuk nenasnya bisa di ganti yg lain ga ya?

    by al-hasna on Jan 22, 2013 at 5:56 pm

  8. @al-hasna, saya belum pernah buat dengan bahan selain nanas. Silahkan dicoba sendiri aja yaa :)
    Ratna´s last blog post ..Fasilitas Kredit Pribadi Dari Oriflame

    by Ratna on Jan 24, 2013 at 4:11 am

  9. Mbak,

    1/2 cangkir itu kira2 brp ml ya? Soalnya ukuran cangkir kan beda2 takut salah :) makasih

    Resepnya berguna sekali krn saya jg tdk konsumsi MSG

    Makasih

    by Rakhel on Mar 31, 2013 at 5:39 pm

  10. @Rakhel, kira-kira 100-150 ml
    tenang aja ga akan disalahin kalo beda juga hehe

    by mbaratna on Apr 3, 2013 at 5:57 am

  11. emang gak disalahin, tapi lidahnya bisa salah nantinya. hehehhe
    Salam kenal Mbak Ratna
    daun bidara´s last blog post ..Manfaat dan khasiat daun bidara

    by daun bidara on May 7, 2013 at 4:31 am

  12. salam kenal @daun bidara
    makasih atas kunjungannya yaaa :)
    Ratna´s last blog post ..Berbisnis Dengan Mengalihkan Belanja Bulanan

    by Ratna on May 7, 2013 at 7:59 pm

  13. mba, mau tanya kalau nanasny boleh diganti tdk? Kalau tdk pakai nanas gantiny apa? Trims

    by maria on May 18, 2013 at 12:51 pm

  14. @maria, heemmm..belom pernah nyoba pake buah lain
    mungkin bisa dicoba dengan buah yg mirip karakteristiknya sama nanas? silahkan berkreasi sendiri siapa tau lebih oke jadinya :)

    by mbaratna on May 18, 2013 at 2:39 pm

  15. mb.. ane mau cba resep tw buat dijual ma batagor keren kan

    by luhur on May 19, 2013 at 7:23 am

  16. @Luhur, emang enak ya batagor di cocol saus teriyaki hehe

    by mbaratna on May 20, 2013 at 11:24 am

  17. wah asiikkk…. mau coba aahh

    by nora puspita on May 26, 2013 at 9:21 am

  18. makasih resepnya mba :)

    by andri on Jun 2, 2013 at 10:30 pm

  19. @andri, sama-sama yaaa :)

    by mbaratna on Jun 3, 2013 at 8:18 am

  20. @nora, silahkaaan :)

    by mbaratna on Jun 3, 2013 at 8:18 am

  21. kecap asin non msg merk apa ya? :)

    by Anisa on Jul 1, 2013 at 6:21 pm

  22. @Anisa, sepertinya komunitas organik ada yg jual, coba aja googling
    kalo saya suka bikin sendiri, kecap manis + garam kasih air

    by mbaratna on Jul 3, 2013 at 7:12 am

  23. mba,u nanas 1 cup itu skitar brp ukurannya? Makasih

    by novi on Jul 19, 2013 at 12:33 am

  24. @novi, kira-kira 100-150 ml

    by mbaratna on Jul 20, 2013 at 12:59 pm

Leave a Reply

CommentLuv badge

« | »




Recent Posts


Pages



Switch to our desktop site