Saus Teriyaki Buatan Sendiri

by mbaratna on January 10, 2012

Ceritanya ini lagi kepingin banget makan beef teriyaki yang banyak bawang bombay dan paprikanya. Tapi kebanyakan saus teriyaki yang ada di pasaran mengandung MSG di dalam bahan pembuatnya. Hanum kan alergi MSG jadi ga bisa makan dong nantinya.

Kemudian saya cari-cari di Google bagaimana cara membuat saus teriyaki sendiri. Ada sih beberapa tapi bahannya menggunakan kecap jepang yang saya tau belum ada label halal di kemasannya.

Akhirnya saya coba-coba sendiri, menggabungkan beberapa resep jadi satu dan inilah hasilnya. Saus teriyaki ala mbaratna yang tak kalah sedapnya ;)

Saus Teriyaki
[wbdsbanner id='banner2']
Bahan:

½ cangkir kecap manis
½ cangkir kecap asin
4 sdm gula merah
½ sdm jahe parut
3 siung bawang putih parut
1 cup nenas parut
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm tepung maizena

Cara membuat:

  • Campurkan kecap manis dan kecap asin di dalam panci, didihkan.
  • Masukkan gula merah, bawang putih, dan jahe, biarkan mendidih selama 15 menit.
  • Masukkan nenas dan air jeruk nipis, aduk rata.
  • Cairkan tepung maizena dengan sedikit air, tuang ke dalam campuran kecap, aduk hingga mengental.
  • Tambahkan air secukupnya untuk mengurangi rasa asin.

Saus teriyaki ini dapat dipakai untuk merendam daging. Biarkan 15-30 menit hingga bumbu meresap lalu daging ditumis dengan bawang bombay dan paprika.

Daann ini dia hasilnya..tadaaaa :D

Gunakan saus secukupnya dan simpan kelebihannya di dalam lemari pendingin untuk dipakai sewaktu-waktu.

Selamat mencoba :D

{ 23 comments… read them below or add one }

Nieken July 12, 2012 at 10:52 am

Salam kenal mb Ratna….

Makasiy utk resep saus teriyakinya….

Rgds,
Nieken

Reply

astri October 18, 2012 at 11:22 am

mba, kalo disimpan di kulkas, sausnya tahan berapa lama ya?

Reply

mbaratna October 18, 2012 at 1:56 pm

@Astri, aku pernah simpan sampai 2 bulan masih bisa dipake

Reply

NITA October 20, 2012 at 8:54 am

mba..salam kenal
mau nanya klo saos ini bisa lngsung dipake utk cocolan? ato khusus utk olahan spt daging?ayam yg dimasak lg ?
tq

Reply

mbaratna October 23, 2012 at 10:04 am

@Nita, aku belom pernah coba sih dicocol langsung, mungkin bisa juga kalo Nita mau coba-coba, nanti mampir sini lagi kalo udah nyoba yaaa :)

Reply

al-hasna January 22, 2013 at 5:56 pm

untuk nenasnya bisa di ganti yg lain ga ya?

Reply

Ratna January 24, 2013 at 4:11 am

@al-hasna, saya belum pernah buat dengan bahan selain nanas. Silahkan dicoba sendiri aja yaa :)
Ratna´s last blog post ..Fasilitas Kredit Pribadi Dari Oriflame

Reply

Rakhel March 31, 2013 at 5:39 pm

Mbak,

1/2 cangkir itu kira2 brp ml ya? Soalnya ukuran cangkir kan beda2 takut salah :) makasih

Resepnya berguna sekali krn saya jg tdk konsumsi MSG

Makasih

Reply

mbaratna April 3, 2013 at 5:57 am

@Rakhel, kira-kira 100-150 ml
tenang aja ga akan disalahin kalo beda juga hehe

Reply

daun bidara May 7, 2013 at 4:31 am

emang gak disalahin, tapi lidahnya bisa salah nantinya. hehehhe
Salam kenal Mbak Ratna
daun bidara´s last blog post ..Manfaat dan khasiat daun bidara

Reply

Ratna May 7, 2013 at 7:59 pm

salam kenal @daun bidara
makasih atas kunjungannya yaaa :)
Ratna´s last blog post ..Berbisnis Dengan Mengalihkan Belanja Bulanan

Reply

maria May 18, 2013 at 12:51 pm

mba, mau tanya kalau nanasny boleh diganti tdk? Kalau tdk pakai nanas gantiny apa? Trims

Reply

mbaratna May 18, 2013 at 2:39 pm

@maria, heemmm..belom pernah nyoba pake buah lain
mungkin bisa dicoba dengan buah yg mirip karakteristiknya sama nanas? silahkan berkreasi sendiri siapa tau lebih oke jadinya :)

Reply

luhur May 19, 2013 at 7:23 am

mb.. ane mau cba resep tw buat dijual ma batagor keren kan

Reply

mbaratna May 20, 2013 at 11:24 am

@Luhur, emang enak ya batagor di cocol saus teriyaki hehe

Reply

nora puspita May 26, 2013 at 9:21 am

wah asiikkk…. mau coba aahh

Reply

mbaratna June 3, 2013 at 8:18 am

@nora, silahkaaan :)

Reply

andri June 2, 2013 at 10:30 pm

makasih resepnya mba :)

Reply

mbaratna June 3, 2013 at 8:18 am

@andri, sama-sama yaaa :)

Reply

Anisa July 1, 2013 at 6:21 pm

kecap asin non msg merk apa ya? :)

Reply

mbaratna July 3, 2013 at 7:12 am

@Anisa, sepertinya komunitas organik ada yg jual, coba aja googling
kalo saya suka bikin sendiri, kecap manis + garam kasih air

Reply

novi July 19, 2013 at 12:33 am

mba,u nanas 1 cup itu skitar brp ukurannya? Makasih

Reply

mbaratna July 20, 2013 at 12:59 pm

@novi, kira-kira 100-150 ml

Reply

Leave a Comment

CommentLuv badge

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: