5 Jurus Meraih Resolusi

Setiap awal pergantian tahun, ritual yang tak pernah kita lewatkan adalah membuat resolusi di tahun baru. Namun masih banyak yang membuat resolusi tak lebih dari sekedar daftar belaka. Kita seringkali tak berusaha sungguh-sungguh untuk merealisasikannya.

Pada artikel ‘Resolusi Bukan Sekedar Ilusi’ yang saya baca di Majalah Pesona edisi Januari 2012, Alxander Sriewijono, seorang pakar psikolog dari Daily Meaning, menyebutkan 5 jurus untuk meraih resolusi.

Berikut tipsnya.

  • Pikirkan apa yang perlu diubah dalam hidup Anda

Fokuskan 3-5 poin yang paling penting. Sebaiknya poin-poin tersebut saling terkait supaya bisa saling mendukung dalam proses pencapaiannya. Tanyakan alasan di balik resolusi tersebut. Semakin jelas tujuannya, semakin kuat pula semangat untuk mencapainya.

Misalnya, kalau tujuan kita melakukan program diet untuk lebih sehat, tentu akan lebih kuat dibandingkan hanya karena ikut-ikutan teman.

  • Rumuskan resolusi dalam pernyataan spesifik dan lebih realistis.

Daripada menuliskan resolusi “ingin hidup lebih sehat dan bahagia”, lebih baik menuliskan misalnya: “mengikuti kelas yoga atau diet golongan darah”. Setelah itu, tempelkan daftar resolusi ini pada tempat-tempat yang mudah dilihat, supaya selalu menjadi pengingat.

  • Ceritakan resolusi Anda kepada orang-orang terdekat

Hal ini agar mereka bisa mengingatkan atau memberikan dukungan jika semangat  Anda luntur di tengah jalan.

  • Hargailah proses dan jangan hanya terfokus pada hasil.

Resolusi adalah suatu perjalanan sehingga setiap langkah yang ditempuh bisa dihargai. Mungkin saja Anda belum bisa meraih resolusi tersebut namun telah mengalami banyak perubahan positif.

  • Cek dan evaluasi secara berkala

Tak harus menunggu akhir tahun, tapi sebaiknya lakukan secara berkala misalnya setiap tiga bulan sekali, sehingga Anda bisa memantau perkembangan rencana tersebut. Bila ada rencana yang tak berjalan mulus, Anda bisa memikirkan cara lain untuk meuwujudkannya. Atau kalau benar-benar berpeluang gagal, Anda bisa menggantinya dengan alternatif lain.

Selamat membuat resolusi đŸ™‚

One thought on “5 Jurus Meraih Resolusi

Leave a Reply