Review Tahun 2011

Saat ini di penghujung tahun 2011, saya duduk di depan Notebook HP Mini plus modem smartfren yang ekonomis tapi lumayan kenceng.  Waktu menunjukkan pukul 9.30 pagi. Saya belum mandi tapi sudah menghabiskan segelas teh manis hangat plus beberapa potong pisang goreng sebagai pengisi perut di pagi hari.

Di dekat saya, Hanum dan Zhafif asyik bermain dan bercanda bersama. Kadang-kadang Zhafif berteriak memanggil saya untuk menunjukkan sesuatu. Saya hanya tersenyum mengangguk mengiyakan lalu kemudian sibuk kembali dengan pikiran saya sendiri.

Sedikit merenung. Memikirkan apa yang sudah saya lakukan satu tahun kebelakang. Sebagai saya pribadi, sebagai ibu maupun sebagai seorang istri.

Satu tahun merupakan waktu yang cukup panjang. Namun terasa begitu singkat setelah dilalui. Berbagai peristiwa yang membuat saya  susah, sedih, senang, gembira  silih berganti datang dalam kehidupan saya. Dan semuanya telah menjadikan saya seperti sekarang ini.

Meski begitu tidak banyak hal penting yang terjadi. Saya mengalami stagnasi bisnis di tahun 2011, khususnya bisnis Oriflame online  yang saya jalani sejak Mei 2010 lalu. Tapi Alhamdulillah, saya bersyukur di penghujung tahun 2011 akhirnya bisa mencapai Level Manager 12%.

Tidak jauh berbeda kondisinya dengan bisnis saya yang lain, toko online Bidadari Shop dan Butik Jarik. Meski sempat mengalami lonjakan permintaan pada bulan-bulan tertentu, tapi  secara keseluruhan hasil penjualan tidak cukup menggembirakan. Walopun begitu saya tetep bersyukur masih punya beberapa pelanggan setia.

Setelah berdiskusi dengan beberapa orang. Mereview kembali keputusan-keputusan yang telah saya ambil sepanjang menjalankan bisnis, saya berkesimpulan bahwa stagnasi bisnis yang saya alami ini diakibatkan oleh sikap saya sendiri.

Jadi selama ini saya kurang fokus, tidak menetapkan target, dan menjalankan bisnis tanpa passion. Apa adanya mengalir bagaikan air. Ibaratnya laku syukur ga laku juga ga apa-apa. Akibatnya hasil yang saya peroleh pun apa adanya. Walopun setiap hari ada aja yang berbelanja tapi hasilnya hanya cukup untuk biaya operasional, masuk dapur sebagian dan adalah untuk nabung sedikit-sedikit mah.

Bukan yang termasuk kategori sukses dari bisnis online 😀

Nah, untuk memperbaiki hal tersebut, saya harus menerapkan strategi baru. Mumpung ada moment tahun baru 2012, saya punya resolusi yang menjadi target bisnis saya di tahun mendatang.

Here there are :

  • Target Bisnis Oriflame :

Januari : Manager 15%
Februari : Manager 18%
Maret : Senior Manager
September : Director

  • Meningkatkan penjualan Bidadari Shop dan Butik Jarik sebesar 50%
  • Menambah ilmu internet marketing: WP, SEO, backlinkg dll
  • Mencari strategi promosi baru
  • Mengatur ulang weblog : tampilan, konten, dll

Baru itu yang terpikir. Lainnya nanti menyusul lagi deh. Soalnya ngantuk banget ni hehehe

4 thoughts on “Review Tahun 2011

  1. Agr3v0 says:

    Nah…mantap donk mbak.. Makin hari makin sukses dan jauh lebih maju. Mungkin ini juga harapan dari semua orang, termasuk aku mbak 😀 😀 he..he…
    Yeah, semoga saja 2012 ini lebih baik dari tahun kemaren.. Amiin.

  2. Diah says:

    Menyemangati diri lagi untuk bebenah di tahun depan. Semoga cita-cita bisa diraih, dengan konsekuensi yang siap untuk dijalani. Semangat ya mbak. Hayu, kita kejar-kejaran raih level Director 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *