Spice Up Your Life

Kapan terakhir kali Anda tertawa lepas? Apakah Anda menjalani hidup tanpa semangat? Gelisah? Bosan? Muncul rasa kurang percaya diri?

Jika Anda mulai merasakan hal-hal tersebut, maka  berhati-hatilah.

Mungkin Anda sedang mengalami tanda-tanda krisis paruh baya. Jika berlangsung terus menerus dan Anda tak bisa segera keluar dari krisis ini,bisa memicu stres  tanpa sebab, kesepian, bahkan depresi.

Sudah saatnya Anda perlu melakukan sesuatu agar hidup Anda kembali berwarna dan lebih bergairah. Bertualang melakukan hal-hal yang baru dan sedikit menantang.

Tak perlu dengan hal yang terlalu ekstrim, namun bisa dimulai dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Misalnya dengan mengganti gaya rambut atau gaya berpakaian.

Sebelum melakukan petualangan, ada baiknya Anda melakukan berbagai persiapan.Simak langkah-langkahyang dikutip dari Majalah Pesona Edisi Oktober 2011 berikut ini.

1. Tentukan Misi

Petualangan hendaknya dilakukan dengan tujuan tertentu. Apakah sekadar mencari sensasi sesaat, menambah wawasan, atau memperluas pertemanan. Tujuan ini akan menjadi panduan sekaligus reminder kita dalam melangkah.

2. Explore Yourself

Bertualang tak harus dengan menaklukan Gunung Himalaya. Luangkan waktu sekitar 30 menit, putar musik lembut dan tulisan apa saja yang muncul dalam pikiran Anda ketika Anda berpikir tentang petualangan. Anda bisa menyontek ide dari film-film yang menginspirasi Anda, seperti Indian Jones, Under Tuscan Sun, Mama Mia atau Sex in The City.

3. Kreatif dan Sedikit Menantang

Lupakan aturan-aturan yang menghambat imajinasi dan pikirkan sesuatu yang outside the box. Tak perlu dipikirkan apa reaksi orang lain. Tantang diri Anda melakukan sesuatu atau kunjungi tempat-tempat unik dengan misi tertentu, misalnya belajar meditasi di India, belajar bahasa di Spanyol, atau menjelajah Mesir.

4. Buat Rencana Petualangan

Tentukan setidaknya 5 rencana petualangan Anda: satu kegiatan yang akan dilakukan dalam 3 bulan ke depan, akhir tahun ini, dua tahun, tiga tahun dan lima tahun yang akan datang. Untuk rencana dalam 3 bulan ke depan, buatlah rencana yang seru tapi realistis, sehingga Anda pun tak sabar melakukannya. Suksesnya petualangan 3 bulan ke depan ini penting sebagai momentum untuk melanjutkan misi petualangan hdup Anda berikutnya.

5. Langkah Pertama: Kumpulkan Data

Salah satu kegagalan orang untuk membuat hidup mereka lebih bergairah adalah mereka tidak tahu bagaimana memulai langkah. Kumpulkan sebanyak-banyaknya data dari berbagai refrensi. Mulai dari majalah, internet, atau bertanya langsung pada orang yang sudah melakukan petualangan seperti yang Anda inginkan.

6. Take Action

Setelah melengkapi semua detail untuk merealisaikan rencana petualangan Anda, lakukan segera. Tak perlu takut terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi. Kalau petualangan Anda berupa perjalanan ke suatu tempat lain, buatlah jurnal perjalanan Anda dan abadikanlah setiap momen dalam foto-foto. Suatu hari nanti, dengan bangga Anda akan membacakan jurnal itu kepada anak cucu Anda.

Selamat bertualang!

Facebook Comments

2 thoughts on “Spice Up Your Life

Leave a Reply