Belajar Berinvestasi

Satu hal yang saya pahami setelah hampir 2 tahun menjalani bisnis di dunia maya adalah perlunya mengubah persepsi tentang uang.

Dulu saya termasuk tipe orang yang suka berhemat soal uang. Saking hematnya bahkan terkadang terlalu pelit pada diri sendiri. Mungkin karena saya berasal dari  keluarga dengan kondisi keuangan pas-pasan sehingga saya terbiasa berhemat dan jarang berbelanja kecuali jika diperlukan.

Tapi sekarang, saya menyadari bahwa sukses itu memerlukan pengorbanan. Saya harus rela mengorbankan – dalam hal ini menginvestasikan – sejumlah uang agar bisnis saya berkembang. Baik itu untuk modal maupun promosi.

Semakin besar jumlah uang yang saya investasikan diharapkan semakin besar pula keuntungan yang akan saya peroleh. Mungkin pepatah “it takes money to get money” ada benarnya juga.

Tentunya tidak sembarang berinvestasi. Harus dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat sehingga investasi tersebut benar menguntungkan. Walaupun bukannya tanpa resiko. Sebab dimanapun bisnis itu selalu ada resiko gagal atau merugi.

Waahh… bahasan yang cukup berat neh. Saya sampe keringetan waktu menulisnya hehe…

Intinya..saya mulai belajar melakukan investasi untuk mengembangkan bisnis online. Walaupun saat ini saya belum mempunyai modal yang cukup besar tetapi sedikit demi sedikit saya tingkatkan nilai investasi sesuai kemampuan keuangan saya sekarang.

Memang masih banyak yang harus saya pelajari dalam menjalankan bisnis di dunia online ini. Tapi yang paling penting adalah mewujudkan hal-hal yang sudah saya pelajari tersebut menjadi tindakan yang nyata. Butuh kerja keras dan komitmen yang tinggi untuk melakukannya.

Semoga Allah SWT memudahkan jalannya. Amiin ya robbal alamin

2 thoughts on “Belajar Berinvestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *