Pisang Aroma

Teringat dulu waktu makanan camilan pisang aroma lagi booming, dimana-mana banyak penjual makanan jenis ini. Harganya pun cukup murah hanya Rp 500,- per buah.  Saya sering beli sepulang kuliah untuk oleh-oleh ke rumah.

Sekarang pisang aroma cukup sulit ditemui.  Sejak saya pindah ke Bekasi, belum pernah menemui penjual pisang aroma di lokasi sekitar rumah. Mungkin juga sudah tidak ada lagi yang menjualnya. Padahal  mudah sekali cara membuatnya. Bahan-bahannya juga bisa dengan gampang diperoleh di pasar atau di supermarket.

Saya mencoba membuatnya tapi tidak dengan bentuk pisang aroma yang asli. Sebab aslinya, pisang aroma itu bukan pisang tetapi kulit lumpia berisi keju, coklat meses, irisan nangka, atau irisan pisang, yang digoreng hingga kering. Karena bentuknya seperti pisang tapi ada aroma makanan lain maka disebut pisang aroma.

Mungkin yang saya buat ini lebih sesuai diberi judul lumpia pisang. Karena memang terbuat dari kulit lumpia yang diisi potongan pisang, olesan selai, taburan keju atau meses.

Pisang Aroma atau Lumpia Pisang


Bahan :

Pisang uli atau pisang tanduk
Kulit lumpia
Keju parut
Coklat meses
Selai kacang atau sarikaya
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

Belah pisang memanjang, taruh di atas selembar kulit lumpia. Olesi dengan selai dan taburi keju atau coklat mesis. Gulung membentuk lumpia. Goreng hingga kering dan berwarna kekuningan. Sajikan hangat sebagai teman minum teh atau kopi.

Selamat mencoba!

Facebook Comments

2 thoughts on “Pisang Aroma

  1. yuli says:

    Mbk ni aq bingung mau usaha pisang aroma cma aq mau bli kulitnya yg lgsg jdi g tau,tnya sama penjual pisang aroma tnya yg jual kulit lumpianya aj g dksih tau,ktae tkut ndompleng atau mngkin dikira nyaingi usaha nya,minta infonya yg jual kulit lumpianya aj…..

Leave a Reply