Hemat dan Bergizi Menggunakan Panci Presto

by mbaratna on December 10, 2010

Buat ibu-ibu atau bapak-bapak yang istrinya di rumah belum punya panci presto di dapurnya, saya sarankan untuk segera membelinya sekarang.

Udah tau kan panci presto? Ibu saya punya panci sejenis yang ukuran diameternya besar yang hanya dipakai untuk masak agak banyak seperti saat lebaran atau arisan atau hajatan.

Emang ada apa dengan panci presto? Kok saya tiba-tiba bahas peralatan dapur hehe…

Saya mau berbagi sedikit ilmu yang saya tau ni. Khususnya mengenai masalah gizi dan urusan dapur.

Pasti tau dong yang namanya panci presto. Kata “Presto” aslinya berasal dari “National Presto” ┬ánama perusahaan yang khusus memproduksi peralatan masak bertekanan tinggi atau high pressure cooker dari negara “Amrik ” sono. ┬áKarena Presto yang pertama kali mengeluarkan alat masak jenis ini dan diterima serta digunakan oleh masyarakat luas hingga kemudian panci bertekanan lebih terkenal dengan nama panci presto.

Kenapa sih sebaiknya punya panci bertekanan ini dapur? Mau tauuu? Ini dia alasannya.

Hemat Waktu

Memasak dengan panci tekan bisa hemat waktu hingga lebih dari 2-10 kali lebih cepat dibanding masak dengan panci biasa. Adanya tekanan tinggi dalam panci membuat bahan makanan menjadi cepat matang. Masak sayuran 2-3 menit, merebus daging sampai empuk 10-15 menit, masak ayam 2-10 menit, masak ikan 2-3 menit, bahkan masak nasi pun cukup hanya 5-6 menit saja.

[wbdsbanner id='banner2']
Bahkan jika panci berukuran besar, dapat digunakan untuk memasak 2-3 jenis masakan sekaligus dan masing-masing aroma masakan tidak akan bercampur satu dengan yang lainnya. Hal ini karena tingginya tekanan dalam panci membuat zat-zat aromatik tertahan dalam bahan makanan.

Hemat Energi

Waktu memasak yang singkat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat. Misalnya saja untuk merebus ketupat menggunakan panci biasa bisa memakan waktu 4-6 jam. Sedangkan dengan menggunakan panci tekan cukup setengah sampai satu jam saja ketupat sudah matang sempurna.

Pengalaman pribadi ni. Sebelum pake panci presto setiap awal bulan saya selalu beli gas ukuran 12kg. Nah sejak pakai panci presto bisa hemat sampai 1.5 bulan pemakaian lho.

Hemat Biaya

Tentu dengan semakin hematnya penggunaan bahan bakar gas, biaya yang dikeluarkan menjadi berkurang pula. Asyiknya, uang belanja dapur bisa berlebih dan bisa dipakai untuk keperluan lain. Walaupun kelebihannya tidak banyak kalau dikumpulkan bisa jadi modal bisnis kecil lho.

Lebih Sehat & Bergizi

Dengan singkatnya waktu memasak, kerusakan zat-zat gizi yang terkandung dalam bahan makanan akibat proses pemanasan bisa dikurangi. Zat-zat gizi penting dalam makanan seperti vitamin dan mineral bisa dipertahankan sehingga makanan menjadi lebih sehat dan bergizi. Rasa makanan pun menjadi lebih lezat karena zat-zat aromatik bahan pangan dapat ditahan dalam makanan selama proses pemasakan.

Nah, sekarang udah pada tau kan alasan kenapa si panci ajaib harus ada di dapur?

Saran saya, sebaiknya belilah panci tekan berukuran kecil. Selain harganya lebih murah, panci bertekanan ukuran kecil bisa digunakan untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

Seperti panci punya saya yang berdiameter 24 cm. Awalnya saya memilih panci tersebut karena harganya sedang diskon :D  Belakangan saya merasakan manfaatnya lebih besar dibandingkan membeli panci bertekanan ukuran besar yang umumnya hanya dipakai untuk saat-saat tertentu saja.

Saking seringnya tu panci saya gunakan, karet penutup pancinya sudah semakin longgar. Warnanya tidak seputih dan semulus seperti dulu lagi. Hmmm… sepertinya sudah saatnya untuk beli panci baru lagi nih ;)

Belanja aahhh

{ 1 comment… read it below or add one }

Leave a Comment

CommentLuv badge

Previous post:

Next post: