Bakwan Makaroni Yummie Buat Bekal Sekolah

Pagi ini saya bangun kesiangan. Terpaksa deh menyiapkan roti panggang coklat keju untuk bekal Hanum ke sekolah. Menu bekal yang gampang dan cepat waktu membuatnya.

Kadang-kadang saya suka bingung memikirkan bekal apa yang akan dibawa Hanum setiap pagi.  Soalnya saya membiasakan Hanum untuk membawa bekal buatan sendiri, bukan makanan jajanan atau kue-kue beli jadi di abang-abang yang suka lewat depan rumah.

Cari-cari di Tabloid Nova Online, ketemu deh resep yang yummie punya dan Hanum pasti suka. Pas dengan selera anak-anak saya yang doyan banget makan makaroni. Bahan-bahannya simple dan gampang cara buatnya. Tapi saya ga pake penyedap karena Hanum  alergi terhadap MSG.

Waktu digoreng aroma harum menyebar ke seluruh rumah. Maklum rumah mungil. Kemana-mana deket. Asap di dapur aja nyampe ke teras rumah. Hehe…

Sebagai Sarjana Ilmu Gizi (masih malu menyebut diri ahli gizi :P), gatel rasanya kalo liat resep ga ada informasi nilai gizinya. Maka saya hitung-hitung sendiri dan jadilah Bakwan Makaroni lengkap dengan nilai gizi berikut ini.

Selamat mencoba yaa 🙂

Bakwan Makaroni

Foto: Fadoli Barbathully

Bahan:
300 gr makaroni
4 sdm kornet sapi
1 btr telur ayam, kocok lepas
½ sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 siung bawang putih,haluskan
½ sdt peyedap rasa (kalau suka)
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Rebus makaroni sampai matang, tiriskan.
2. Aduk kornet, telur, lada, garam, bawang putih, dan penyedap rasa.
3. Sendokkan adonan ke minyak goreng panas, masak sampai matang. Angkat lalu tiriskan.

Untuk 5 Orang

Nilai gizi per porsi
Energi: 313 kkal
Karbohidrat: 54.1 g
Protein: 7.8 g
Lemak:  3.4 g

9 thoughts on “Bakwan Makaroni Yummie Buat Bekal Sekolah

Leave a Reply