Berbahagialah!

Saya mendapat hadiah yang bagus banget dari Anne Ahira. Sebuah ebook gratis mengenai pelayanan dan produktivitas.

Ada satu poin yang ingin saya bagi mengenai pengetahuan baru dari produktivitas yang dijabarkan dalam ebook tersebut. Bahwa kebahagiaan merupakan pendorong terkuat untuk meningkatkan produktivitas.

Dikatakan bahwa ada 10 alasan mengapa kebahagiaan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja, yaitu:

1. Orang-orang yang bahagia bekerja lebih baik dengan orang lain

Mereka lebih menyenangkan dalam bergaul dan akan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain. Pada akhirnya dapat bekerja sama dengan baik dengan atasan atau bawahan, memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan.

2. Orang-orang yang bahagia lebih kreatif

Ketika seseorang sedang  merasa senang terjadi proses kognitif di otak sehingga menjadikannya lebih fleksibel, lebih lancar berbicara dan memiliki pikiran-pikiran yang orisinil sehingga menimbulkan ide-ide kreatif.

3. Orang-orang yang bahagia memperbaiki masalah

Ketika menghadapi masalah, orang-orang yang bahagia segera melakukan sesuatu untuk mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut, buka mengeluhkan masalah.

4.  Orang-orang yang bahagia memiliki banyak energi

Orang-orang yang bahagia memiliki lebih banyak energi dan tentunya lebih efisien dalam melakukan banyak hal.

5. Orang-orang yang bahagia lebih optimis

Orang-orang yang bahagia memiliki cara pandang yang lebih positif dan optimis. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang-orang yang optimis jauh lebih sukses dan lebih produktif.

6. Orang-orang yang bahagia lebih termotivasi

Motivasi yang kuat bisa meningkatkan produktivitas. Dan satu-satunya cara agar dapat termotivasi secara konsisten adalah dengan berbahagia.

7. Orang-orang yang bahagia tidak sering sakit

Orang-orang yang tidak menikmati pekerjaannya mudah terserang stress dan cepat lelah.

8. Orang-orang yang bahagia belajar lebih cepat

Ketika anda merasa senang, bahagia dan rileks, maka anda lebih terbuka dalam mempelajari hal-hal yang baru sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

9. Orang-orang yang bahagia tidak takut melakukan kesalahan

Ketika Anda bahagia, sekali-kali melakukan kesalahan tidak akan terlalu mengganggu Anda. Anda akan cepat bangkit dari kesalahan tersebut, belajar dari hal tersebut dan maju kembali. Anda juga akan lebih mudah mengakui kesalahan Anda ke orang lain – mengambil tanggung jawab atas hal tersebut, meminta maaf dan kemudian memperbaikinya.

Sikap yang rileks ini menjadikan seseorang untuk melakukan lebih sedikit kesalahan dan lebih belajar dari kesalahan tersebut.khawatir. Anda akan lebih rileks dan cepat belajar dari kesalahan tersebut.

10. Orang-orang yang bahagia membuat keputusan yang  lebih baik

Orang-orang yang bahagia lebih bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang lebih baik. Pikiran mereka lebih terbuka dan mampu melihat gambaran yang lebih besar sehingga tidak tergesa-gesa dalam membuat keputusan.

Nah, dari penjabaran di atas terlihat bahwa kebahagiaan merupakan pendorong yang sangat kuat untuk meningkatkan produktivitas, tidak hanya di tempat kerja tapi juga bisa diterapkan di rumah.

Tapiii.. rasanya ga mungkin deh kita merasa bahagia terus menerus. Pasti ada saat-saat dimana kita merasa sedih dan tidak bahagia.

Bagaimana caranya agar bisa bahagia? Coba lihat artikel berikut ini. Barangkali bisa memberikan inspirasi bagi anda.

10 Cara Agar Hidup Bahagia

Facebook Comments

4 thoughts on “Berbahagialah!

  1. Khalid Abdullah says:

    yang jelas orang bahagia akan leboh menyenangkan orang lain dengan melihatnya ! kalaupun dia tinggal dihutan…..dia akan membuat gembira alam…karena dia akan menularkan energi positif……

Leave a Reply