Email Marketing

:pertamax Satu lagi pengetahuan baru yang saya pelajari saat menjalankan bisnis Oriflame bersama dBC Network adalah email marketing. Setelah promosi dimana-dimana, mulai dari Google Adwords, Facebook, iklan baris gratis bahkan di forum, saya mulai mendapatkan banyak prospek.

Keunggulan sistem dBC Network salah satunya adalah membantu anggotanya untuk memfollow up prospek dengan email marketing yaitu adanya autoresponder yang secara otomatis mengirim email-email berisi informasi seputar bisnis Oriflame kepada prospek.

Meski sudah ada sistem yang canggih seperti itu, tidak  membuat saya tidak melakukan apa-apa dan hanya menunggu diam sampai prospek tersebut mau mendaftar. Saya juga tentu harus berinteraksi langsung dengan para calon downline. Dengan men-add mereka di Facebook, mengirim sms, telpon, dan juga mengirim email kepada masing-masing prospek.

Mengirim email mudah saja dilakukan saat jumlah prospek masih sedikit. Saya biasanya langsung mengirim email perkenalan saat ada konfirmasi pemberitahuan pendaftaran prospek baru.

Namun saat ada informasi yang perlu saya sampaikan secara pribadi, seperti promo terbaru Go Crazeey Promo Juli 2010, mengirim email satu per satu kepada banyak prospek adalah pekerjaan yang sangat menyita waktu. Sementara waktu saya untuk online sangat terbatas.

Kalo sudah begini saya kepingin banget memiliki autoresponder sendiri. Tapi sayang untuk saat ini harganya masih belum terjangkau. Mungkin nanti saat bonus saya dari Oriflame sudah jutaan, saya mau juga berlangganan autoresponder hehe… :maho

Memang sih ada beberapa autoresponder gratis. Saya juga sudah mencobanya. Bahkan saya juga sudah memasang plugin wordpress yang berfungsi sebagai autoresponder di blog ini. Tapi saya masih bingung dalam menggunakannya. Jadi untuk sementara plugin-nya saya hapus saja.

Alternatif lainnya adalah menggunakan mailing list software. Setelah saya cari-cari di Google ketemu juga software Group Mail untuk mengirimkan  email ke banyak alamat email dalam satu kali pengiriman. Cukup menghemat waktu.

GroupMail

Group Mail Free Edition

Penggunaan software Group Mail juga cukup mudah. Setelah diinstal dan melakukan setting akun email yang akan digunakan, saya masukkan data daftar alamat email prospek dan mengelompokkannya ke dalam grup-grup sesuai kebutuhan.

Saat saya mau mengirim email, saya tinggal menulis email baru lalu menentukan  grup mana yang saya pilih dan dalam satu kali klik, email akan terkirim ke semua anggota dalam grup. Mudah, cepat dan efisien.

Banyak fitur-fitur yang ditawarkan jika membeli versi lengkapnya.  Tapi saya sudah cukup puas menggunakan edisi gratisnya hehe…

Mau mencobanya juga? Silahkan download disini. :tkp

Facebook Comments

16 thoughts on “Email Marketing

  1. Harits says:

    Kalau cara seperti di dbc network seperti itu saya kurang bisa, karena saya tipe orang bukan yang seperti itu jadi saya kurang bisa, hehehe.

    Salam kenal ya mba ratna.

Leave a Reply