Belajar Berkompetisi

Ditanya Om MC

Hari sabtu lalu, saya mengajak anak-anak main ke mall dekat rumah. Kebetulan disana sedang ada lomba untuk anak-anak seperti fashion show, lomba mewarnai dan lomba menyusun puzzle.

Saya coba tawari Hanum untuk ikut lomba. Dan ternyata ia mau ikut salah satunya, yaitu lomba menyusun puzzle.

Ini sudah beberapa kalinya saya ajak Hanum untuk ikut lomba semacam ini.  Saya tidak menuntut Hanum untuk menang. Hanya sebagai latihan bagi Hanum untuk menumbuhkan jiwa berkompetisi, memperkenalkan pada Hanum bagaimana bersaing secara sehat dan terutama meningkatkan motivasi di dalam dirinya.

Lomba menyusun puzzle

Saya bangga karena Hanum terlihat percaya diri waktu naik ke panggung. Dia tidak malu-malu menjawab pertanyaan pembawa acara. Walaupun bukan peserta pertama yang selesai menyusun puzzle, Hanum adalah peserta ketiga dan anak perempuan pertama dalam kelompoknya yang berhasil menyelesaikan tugas menyusun puzzle dengan baik.

Dan yang paling penting, Hanum terlihat menikmati kegiatan lomba dengan riang gembira.

Riang gembira

Riang gembira

Mudah-mudahan saya bisa terus memberikan rangsangan positif untuk tumbuh kembang anak-anak di masa-masa yang akan datang.

2 thoughts on “Belajar Berkompetisi

  1. budiarnaya says:

    Amin…ibu yang baik yang mengerti dengan kemauan anak dengan tidak memaksa harus menjadi juara, terima kasih ya mama pasti gitu kata si buah hati, sukses mbak :peluk

Leave a Reply