Selamat Hari Kartini

Hari ini Indonesia merayakan hari lahirnya RA KArtini, seorang pejuang dan pembela hak-hak perempuan dari abad 20. Kumpulan surat-surat pribadinya yang terkenal dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang merupakan bukti nyata betapa besarnya keinginan seorang Kartini untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita dari penindasan dan diskriminasi.

:hammer Pada zaman Kartini, kaum perempuan di negeri ini belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal. Mereka belum diijinkan untuk mendapat pendidikan yang tinggi seperti pria. Bahkan dalam urusan jodoh sekalipun mereka tidak diijinkan untuk memilih pasangan hidupnya sendiri.

Di era emansipasi dan globalisasi seperti sekarang, perempuan memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan kaum pria. Perempuan masa kini bebas menentukan pilihan hidupnya sendiri. Mencapai pendidikan setinggi yang ia inginkan. Melakukan pekerjaan apapun yang mampu ia kerjakan. Tetapi tentu saja dengan tetap memperhatikan kodratnya sebagai istri, seorang ibu dan fitrahnya sebagai perempuan sejati.

Sudah selayaknya kaum perempuan Indonesia di zaman sekarang untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Kartini. Karena berkat pemikiran, perjuangan serta pengorbanannya, kaum perempuan Indonesia bisa terbebas dari belenggu diskriminasi dan terlepas dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu.

Selamat Hari Kartini. Majulah Perempuan Indonesia.

:iloveindonesia

Sumber bacaan: Raden Ajeng Kartini (1879-1904) – Ensiklopedi Tokoh Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *