mbaratna.com Pindah!!!

pindah

Pindah!

Alhamdulillah, akhirnya proses pindahan hosting mbaratna.com selesai juga. Kalau dihitung-hitung pindahan ini memakan waktu hampir dua minggu lamanya. Selain karena ditinggal long wiken ke Bogor, juga karena  adanya kesulitan sewaktu pindah hosting. Meskipun sudah mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Mas Lutvi, tetap saja saya menemui hambatan saat melakukannya. Dan baru pada percobaan ke-8 kali, akhirnya mbaratna.com berhasil pindah dengan lancar.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa saya memutuskan pindah hosting. Pertama, penggunaan disk space yang sudah mencapai maksimum di hosting lama. Hal ini wajar karena saya membeli paket hosting mini yang disediakan Cafebisnis khusus untuk pemula sebagai sarana belajar. Seiiring dengan perkembangan mbaratna.com yang saya jadikan toko online Bidadari Shop, hanya dalam waktu 3 bulan hosting mini tersebut sudah tidak memadai lagi.

Kedua, saya sedang belajar menjalankan bisnis hosting. Dengan menggunakan hosting berbayar seperti Hostgator dan ikut program afiliasinya, saya bisa dapat penghasilan dari hobi nge-blog. Menarik bukan?

Tentu saja dengan pindah hosting terjadi beberapa perubahan. Salah satunya adalah Bidadari Shop yang dulunya merupakan blog utama dari domain mbaratna.com, kini beralih menjadi subdomain, yaitu bidadarishop.mbaratna.com. Sedangkan domain mbaratna.com sendiri merupakan pindahan Dunia Ratna dari blogspot. Sekalian belajar import dan ekspor blog dari blogspot ke wordpress dan sebaliknya.

Perubahan lainnya adalah tampilan blog yang pinki. Sebetulnya saya masih belum sreg dengan tampilan ini. Namun mencari themes yang cocok bukanlah perkara mudah. Sementara saya biarkan dulu seperti sekarang. Setelah ketemu yang cocok pasti saya ubah lagi. Secara saya sering banget gonta ganti themes sesuka hati hehe…

Lalu, bagaimana dengan mombiz.co.cc yang merupakan blog perdana saya saat pertama kali mengenal bisnis online? Masih ada sih pastinya. Dan beberapa bulan lagi usianya genap satu tahun. Mungkin bila saat itu tiba saya harus membayar renewal domain karena saya memang menggunakan domain gratis co.cc dan hosting gratis di byethost.

Sepanjang pengetahuan saya, domain co.cc memang gratis selamanya untuk penggunaan secara personal. Namun jika digunakan untuk keperluan bisnis, gratis hanya di tahun pertama sedangkan tahun berikutnya dikenankan biaya perpanjangan sebesar $3.

Saya tidak tahu, apakah mombiz.co.cc dianggap personal atau bisnis. Kalau lihat postingannya saya kira termasuk personal. Namun bila melihat banyak iklan yang saya cantumkan disitu, bisa jadi termasuk kategori bisnis. Dan saya pasti diharuskan membayar $3 untuk perpanjangan domain.

Biarlah. Kalau memang begitu akhirnya. Yang pasti mombiz.co.cc merupakan bagian dari sejarah dan pengalaman pertama saya dalam dunia blogging. Saya akan kembali mengaktifkan program free traffic system di mombiz.co.cc yang menyediakan free content untuk blog sehingga tetap bisa update setiap hari meski bukan saya sendiri yang menulisnya.

Sementara ini saya akan fokus di mbaratna.com dan Bidadari Shop. Semoga. Soalnya susah lho untuk bisa fokus bagi seorang pemula seperti saya. Apalagi minat saya begitu besar, sehingga saya mudah tertarik dengan program yang banyak ditawarkan dunia bisnis online ini. Akibatnya saya menjadi terlalu banyak informasi dan tidak bisa fokus. Jadinya saya malah jalan di tempat, bukannya melangkah lebih maju dan meraih kesuksessan yang selama ini saya impikan.

Ok, deh. Kalau begitu, mantapkan hati, luruskan niat.

Bismillahirrohmannirrohiim…

One thought on “mbaratna.com Pindah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *