Puding Kacang Hijau

Waktu saya pulang mudik kemarin ke kampung halaman Bapak-Ibu mertua saya di Caruban-Bulak, Karanganyar Kebumen, bertepatan waktunya dengan panen raya kacang hijau. Jadi sepulangnya dari kampung, saya dibawakan oleh-oleh kacang hijau sekarung kecil. Setelah saya timbang ternyata ada sekitar7 kg-an. Wuih banyak banget! Sampe sekarang tu kacang ijo masih aja numpuk di bawah tangga. Padahal sebagian udah saya bagi-bagi dan sebagian lagi di masak jadi bubur kacang ijo, tetap belum habis juga.

Saya bingung juga, selain dimasak jadi bubur dimasak apalagi yang enak ya? Setelah browsing di mbah Gugel akhirnya saya dapat resep istimewa juga dari Majalah Sedap. Rencananya besok akan saya masak untuk teman berbuka puasa. Mudah-mudahan seenak penampilannya 🙂

PUDING KACANG HIJAU
Bahan:

25 gr kacang hijau, rebus dengan 250 ml air hingga lunak, tiriskan, ukur beratnya 50 gram
100 gr gula pasir
1 bks agar-agar warna putih
1 sdm tepung maizena
300 ml santan
1 lbr daun pandan, sobek-sobek
Vla:
300 ml santan
75 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam
2 sdm maizena, cairkan
Cara Membuat:
  • Campur gula pasir, agar-agar, daun pandan dan santan, masak hingga mendidih, masukkan tepung maizena, didihkan hingga mengental, angkat. Masukkan kacang hijau, aduk rata, tuang dalam cetakan. Dinginkan.
  • Vla: campur santan, gula pasir, daun pandan, dan garam, masak sambil diaduk hingga mendidih, masukkan tepung maizena cair, didihkan sebentar, angkat.
Sajikan puding kacang hijau dengan vla.
Facebook Comments

Leave a Reply